3 Cara Lock 4G Only Hp Oppo A15 dan A15s

Untuk pengguna Oppo A15 maupun A15s yang kesal karena jaringan sering berpindah ke 3G. Jangan khawatir kalian bisa lock jaringan 4G only melalui panduan yang terdapat pada postingan ini.

Oppo A15 adalah salah satu perangkat yang sudah mendukung teknologi Long Term Evolution atau 4G LTE. Selain itu juga Oppo membekalinya 3 jenis jaringan dengan tipe 2G, 3G UMTS (WCDMA) dan 4G LTE. Dengan konektivitas ini akan leluasa dapat mengakses internet tanpa perlu ragu terkendala masalah jaringan.

Selain itu, kita pastinya terkadang membutuhkan smartphone yang memiliki kelebihan dual SIM, sehingga akan mempermudah saat berpindah akses internet. Ponsel ini merupakan salah satu dari sekian banyak produk unggulan dari OPPO yang diberi kelebihan dual SIM. Sehingga aktivitas yang membutuhkan atau memiliki dua kartu SIM dapat digunakan sekaligus dalam satu smartphone.

Bahkan Oppo telah mengklaim bahwa seri ini dapat digunakan untuk streaming video hingga 16 jam lamanya. Sedangkan untuk yang hobi bermain game online, maka bisa menggunakan selama 6 jam nonstop.

Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo

Cara Mengunci 4G Oppo A15
Teknologi jaringan terbaru ini memiliki kecepatan yang melebihi pendahulunya. Untuk itu, Oppo pun tidak mau ketinggalan dengan mengeluarkan smartphone terbarunya yang sudah support 4G LTE, yaitu Oppo A15. Dengan harga yang terjangkau, pengguna sudah bisa menikmati sensasi jaringan 4G dengan segala kelebihannya.

Kecepatan akses internet di jaringan 4G berbeda jauh dengan 3G. Namun, jika jaringan 4G di sekitar kurang kuat maka akan beralih ke 3G. Dengan beralihnya jaringan, otomatis internet di ponsel akan melambat dan perlu untuk mengunci jaringan 4G.

Ada beberapa cara untuk mengunci 4G di Hp Oppo ini yang dapat kalian gunakan agar jaringan tidak berpindah ke 3G.

Pengaturan Mengunci Jaringan 4G

Setiap ponsel Android memiliki opsi yang memungkinkan pengguna untuk mengatur jenis jaringan yang disukai. Ada beberapa pilihan seperti 2G, 3G dan 4G.

Jika ponsel Oppo milikmu hanya selalu mendapatkan jaringan 3G atau 2G, coba cek di pengaturan apakah sudah di kunci ke jaringan 4G atau belum. Berikut ini caranya.

  1. Buka menu Pengaturan HP Oppo.
  2. Tap pada opsi SIM Card & Mobile Data.
  3. Pilih SIM1 atau SIM2 yang akan di kunci.
  4. Berikutnya tap Jenis Jaringan yang Disukai llau pilih 4G/3G/2G (Otomatis).
  5. Setelah itu jaringan otomatis akan berpindah ke 4G.

Cara mengunci 4G ini memang memiliki kekurangan yang mana saat ada telepon atau SMS otomatis akan kembali lagi ke 3G. Kalau memang ingin benar-benar terkunci meskipun ada panggilan telepon bisa menggunakan kode khusus ataupun aplikasi di tutorial berikut.

Kode Kunci 4G Only

Cara berikut untuk mengunci 4G melalui kode jaringan untuk mengakses opsi yang memang tersembunyi letaknya. Opsi ini memang sengaja disembunyikan agar pengguna awam tidak sembarangan mengubah pengaturan jaringan.

Jika memang berniat mencoba cara ini, silahkan ikuti panduan berikut.

  1. Buka aplikasi Telepon di Hp Oppo lalu ketik *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#*.
  2. Selanjutnya akan terbuka menu Pengujian.
  3. Pilih Informasi Telepon yang ada dibagian atas.
  4. Lalu pada opsi Setel jenis jaringan yang disukai ganti LTE/GSM Auto ke 4G LTE Only.
  5. Tunggu beberapa saat sampai jaringan 4G muncul.

Jika kode kunci 4G yang disebutkan Barubenar di atas telah diubah oleh OPPO. Kalian dapat mencoba cara ketiga dengan menggunakan aplikasi tambahan.

Mengunci 4G Menggunakan Aplikasi

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang dapat di install melalui Play Store. Aplikasi yang bernama Force LTE Only mampu mengakses fitur penguncian jaringan 4G LTE.

  1. Install aplikasi Force LTE Only di Google Play Store.
  2. Buka aplikasi tersebut lalu pada bagian Important centang Accept usage policy.
  3. Setelah itu akan muncul beberapa metode kunci jaringan 4G.
  4. Silahkan pilih Method 1 jika Oppo A15 masih menggunakan Android 10.
  5. Kalau sudah di update ke Android 11 seperti Oppo A15s silahkan pilih Method 2.
  6. Setelah itu, pada opsi Setel Jenis Jaringan Yang Disukai pilih LTE Only.

Untuk saat ini, aplikasi Force LTE Only masih mampu digunakan untuk mengunci 4G only di Hp Oppo.

Tapi ingat, setelah jaringan 4G terkunci, kalian tidak akan bisa menerima maupun melakukan panggilan telepon dan SMS. Jika operator seluler yang kalian gunakan mendukung VoLTE (Voice OVer LTE) silahkan aktifkan fitur tersebut di menu Pengaturan. Untuk saat ini baru Smartfren yang mendukung VoLTE.

Kesimpulan

Banyak sebab kenapa kita harus mengunci jaringan ke 4G karena memiliki kecepatan internet yang lebih baik dan stabil. Selain itu juga, bermain game akan lancar tanpa patah-patah karena ping jaringan 4G lebih kecil dari 3G. Menonton video secara streaming pun akan lebih menyenangkan tanpa gangguan buffering.

Namun, dengan mengunci ke 4G ada konsekuensinya yang mana tidak akan bisa digunakan untuk menelpon kecuali operator Anda sudah mendukung VoLTE. Untuk hal ini kita hanya bisa mengguna update dari Oppo agar software terbaru sudah support Volte di Telkomsel, XL, AXIS dan Indosat.

Demikianlah tutorial cara mengunci jaringan 4G Oppo. Semoga penjelasan di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *