Cara Reset Hp Samsung Galaxy A03s yang Mudah dan Simpel

Cara Reset Samsung Galaxy A03s

Meski melakukan reset HP Samsung A03s terbilang mudah, nyatanya masih ada sebagian pengguna yang kesulitan melakukan factory reset atau hard reset. Cara ini tidak sangat simpel dan tidak membutuhkan keahlian khusus.

Samsung A03S adalah salah satu smartphone yang cukup canggih dibekali RAM yang bisa dibilang cukup untuk aktivitas yang tidak berat. RAM yang dimiliki ponsel ini ada dua pilihan yaitu 3 GB dan 4 GB. Ukuran RAM tidak terlalu besar maupun kecil sehingga tidak perlu khawatir smartphone mengalami kinerja yang lambat jika melakukan aktivitas ringan.

Selain itu, Samsung juga membekalinya dengan chipset MediaTek MT6765 Helio P35 dengan kecepatan pembuatan 12 nm. Tak hanya itu, delapan prosesor atau yang biasa dikenal dengan octa-core bisa menjalankan aplikasi maupun game dengan cukup cepat.

Sedangkan sistem operasi yang didukung oleh Samsung A03S adalah Android 11 yang saat ini merupakan salah satu OS dari Android yang paling canggih sehingga memiliki berbagai fitur salah satunya factory reset.

Langkah-Langkah Reset Samsung A03s

Sebenarnya ada banyak solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan di Android. Bahkan untuk permasalahan software saja, terdapat solusi seperti install ulang atau menghapus aplikasi penyebab error.

Atau secara umum, pada beberapa kasus, permasalahan-permasalahan tersebut bisa terjadi akibat virus, memory penuh, ngecas lama penuh, hingga gagal booting alias bootloop.

Cara paling mudah mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan reset ulang ke pengaturan pabrik. Samsung sendiri telah menyediakan 2 opsi reset yang bisa pengguna Galaxy A03s pilih sesuai dengan kondisi ponsel.

Reset Lewat Recovery Mode

Cara pertama ini khusus untuk pengguna yang tidak dapat mengakses menu pengaturan dikarenakan ponsel hang di logo Samsung atau bootloop. Kalian dapat menggunakan opsi hard reset yang terdapat di recovery mode.

Simak baik-baik cara reset Samsung A03s melalui recovery mode.

  1. Pertama pastikan dulu kondisi baterai minimal di atas 60%.
  2. Langkah berikutnya hubungkan ponsel ke PC menggunakan kabel USB tipe C.
  3. Jika sudah terhubung matikan Hp Samsung kalian selama beberapa saat.
  4. Kemudian tekan dan tahan tombol Volume Up dan Power secara bersamaan dalam beberapa detik.
  5. Dalam beberapa saat ponsel akan masuk di menu Android System Recovery.
  6. Gunakan tombol Volume untuk mengarahkan kursor dan tombol Power untuk memilih.
  7. Silahkan pilih Wipe data/Factory reset lalu pilih Yes.
  8. Otomatis HP akan di reset jika sudah selesai pilih Reboot system Now.

Jika pengguna tidak memiliki PC bisa menggunakan headset atau powerbank tipe C. Memang di Android 11 untuk cara masuk ke recovery Samsung berbeda dengan versi Android di bawahnya.

Factory Data Reset

Bisa dibilang cara untuk melakukan factory reset sangat mudah dibandingkan cara diatas karena hanya melibatkan beberapa langkah saja. Dan juga dapat dilakukan melalui menu pengaturan ponsel.

Berikut langkah-langkah cara factory reset Samsung A03s.

  1. Pertama buka menu atau aplikasi Settings
  2. Pada halaman Settings, pilih menu General Management
  3. Dalam halaman tersebut, pilih menu Reset
  4. Selanjutnya, langsung memilih menu Factory Data Reset
  5. Nantinya akan diperlihatkan mengenai data apa saja yang akan dihapus
  6. Jika sudah yakin ingin melakukan reset dapat langsung ketuk tombol Reset
  7. Setelah muncul peringatan, dapat menekan tombol Delete All dan proses Reset akan berjalan hingga selesai

Namun pastikan saat akan menggunakan cara ini baterai masih tersisa setidaknya 60% karena pada proses restart nantinya membutuhkan waktu yang cukup lama berkisar 5 menit sampai 10 menit.

Jika smartphone telah masuk ke menu home screen untuk pengaturan awal maka proses reset telah selesai dan telah dapat menggunakan ponsel seperti awal.

Nah demikianlah informasi Barubenar.com kali ini. Semoga artikel yang kami sampaikan bermanfaat bagi kalian yang bingung mencari cara reset Samsung A03s yang mudah dan simpel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *