Cara Screenshot Samsung M11 Dengan Gesture dan Panjang

Cara Screenshot Samsung M11

Untuk pengguna baru mungkin masih banyak yang bertanya, bagaimana cara screenshot di Hp Samsung M11 tanpa aplikasi? Kalian melakukannya dengan, pasalnya Samsung telah menyediakan lima fitur screenshot bawaan dengan menggunakan gesture, kombinasi tombol, menu asisten, panel edge dan screenshot panjang.

Samsung M11 menghadirkan layar penuh dengan desain Infinity-O Display dan ukuran 6.4 inci, yang mana bisa menonton film kesukaan dengan lebih immersive. Selain itu, memiliki baterai dengan kapasitas 5.000 mAh dan sudah didukung dengan fast charging 15 watt.

Pada bagian belakang Samsung membekalinya dengan triple kamera dan masing-masing kamera memiliki resolusi 13 + 5 + 2 MP. Kamera belakang ini sangat cocok digunakan untuk memotret dengan hasil gambar yang sangat jernih dan tajam.

Operasi sistem Android 10 yang dimiliki dilapisi oleh teknologi antarmuka One UI 2.0. OS ini memiliki fitur gesture mode, yang mana sangat berguna untuk membantu menjalankan aplikasi atau fungsi penting hanya dengan mengusap layar.

Untuk memanjakan pengguna Galaxy M11, Samsung memberikan tiga metode untuk membuat screenshot. Cara yang lebih praktis ini, memungkinkan kalian untuk melakukan screenshot hanya dengan menggunakan gesture saja.

Cara Screenshot Samsung Galaxy M11

Semua pasti setuju kalau screenshot atau tangkapan layar sudah menjadi fitur penting. Umumnya seringkali dimanfaatkan untuk menyalin dokumen PDF, sering juga tangkapan layar untuk menyimpan artikel penting dari sebuah situs web atau pesan singkat, untuk disimpan ke dalam bentuk gambar.

Di Play Store terdapat beberapa aplikasi screenshot untuk mempermudah pengambilan gambar layar. Namun, dengan ponsel Samsung M11 ini, tidak perlu lagi pakai aplikasi tambahan untuk mengambil screenshot. Berikut caranya selengkapnya.

Screenshot Samsung M11 Dengan Tombol

Screenshot Samsung M11 Dengan Tombol
Langkah-langkah screenshot Samsung M11 dengan dua tombol ini adalah sebagai berikut. Pertama buka kunci layar Samsung M11 lalu temukan area yang ingin di screenshot pada smartphone kalian.

Setelah itu, tekan dua tombol Volume Down dan Power bersama-sama dan langsung di lepas jangan kalian tahan tombolnya. Tidak akan berhasil jika tombolnya di tahan.

Setelah itu layar berkedip dan terdengar suara shutter kamera lalu akan muncul preview hasil screenshot. Selanjutnya, gambar hasil screenshot dapat dilihat melalui galeri atau notifikasi.

Melalui Shortcut Screenshot Pada Panel Edge

Fitur Panel Edge akan membuat pengguna semakin mudah mengakses beberapa shortcut fungsi penting, salah satunya shortcut mengambil screenshot. Namun, kalian perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu.

  1. Buka Pengaturan
  2. Tap Tampilan.
  3. Tap Panel Edge lalu aktifkan fitur tersebut.
  4. Lalu ketuk opsi Panel kemudian Pilih Cerdas.
  5. Temukan area layar yang akan di capture.
  6. Ketuk garis lurus di samping layar lalu ketuk shortcut Ambil Gambar Layar.
  7. Jika berhasil, nanti layar ponsel akan berkedip dan terdengar suara kamera.
  8. Buka Galeri dan lihat hasil screenshot yang telah kalian buat di situ.

Panel Edge adalah fitur unik untuk smartphone Samsung bertujuan untuk lebih memudahkan pengguna menggunakan shortcut untuk aplikasi dan fungsi lain seperti split screen, screenshot dan lain sebagainya.

Screenshot Menggunakan Menu Asisten

Menu Asisten adalah fitur khusus yang terdapat pada ponsel Samsung. Fitur ini menyediakan shortcut seperti membuka aplikasi, gambar layar (screenshot), merekam aktivitas layar.

  1. Buka menu “Pengaturan” > “Aksesibilitas” > “Interaksi dan Kecekatan” > lalu aktifkan Menu Asisten.
  2. Setelah aktif, nantinya akan ada tombol mengambang di layar handphone Samsung M11.
  3. Berikutnya kalian buka Assistant Menu dan pilih shortcut Gambar Layar untuk membuat screenshot.

Anggap saja Menu Asisten ini sebagai laci aplikasi yang dapat diakses di mana saja dengan menggesekkan tepi layar ke arah tengah. Kalau kurang menyukai cara screenshot dengan menu asisten bisa mencoba yang lebih canggih lagi dengan menggunakan gesture telapak tangan atau Palm Swipe.

Gesture Screenshot Menggunakan Telapak Tangan

Gesture Screenshot Samsung M11
Sebelum menggunakan fitur ini, Anda terlebih dahulu harus mengaktifkan Palm Swipe To Capture melalui pengaturan. Lihat disini cara mengaktifkan gesture screenshot menggunakan telapak tangan.

  1. Buka menu Pengaturan lalu pilih Fitur Lanjutan.
  2. Pilih Gerakan dan Gesture kemudian aktifkan opsi Usapkan telapak tangan untuk mengambil screenshot (Palm Swipe To Capture).
  3. Kemudian gesek layar dengan posisi tangan menghadap ke samping.
  4. Layar ponsel Samsung Anda akan berkedip dan terdengar suara shutter.
  5. Hasil screenshot akan muncul, kalian bisa langsung simpan atau mengeditnya.

Saat proses melakukan gesture, pastikan telapak tangan menyentuh pada layar soalnya banyak yang masih kurang paham penggunaan gesture screenshot di ponsel Samsung.

Cara Screenshot Panjang Samsung M11

Buat yang mengambil screenshot panjang untuk dibagikan ke teman atau menyimpannya di galeri. Kalian dapat menggunakan fitur Scroll Capture yang dibekali Samsung.

  1. Buka menu Pengaturan > Fitur Lanjutan > Gambar Layar.
  2. Silahkan tekan tombol Bilah alat gambar layar untuk mengaktifkanya.
  3. Buka aplikasi akan di screenshot panjang, seperti browser yang memuat sebuah postingan melebihi satu layar.
  4. Lalu ambil screenshot dengan menggunakan metode apapun pada Samsung M11 kalian.
  5. Setelah muncul toolbar, tap Scroll Capture (ikon panah ke bawah) untuk mengulir halaman.

Cara Lain Mengambil Screenshot Panjang

Metode screenshot panjang yang lain adalah dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bernama LongShot. Kemampuan aplikasi ini tidak perlu di ragukan lagi karena mampu melakukan auto scroll capture seperti pada fitur bawaan.

Berikut ini cara menggunakan aplikasi LongShot untuk mengambil screenshot panjang.

  1. Pertama, buka Google Play Store lalu cari dan instal LongShot.
  2. Buka aplikasi tersebut lalu centang Auto Scroll
  3. Lanjut klik OKE nantinya akan di arahkan ke menu Aksesibilitas tap Longshot lalu aktifkan.
  4. Buka lagi LongShot kemudian tap gambar kamera biru yang ada di samping Auto Scroll.
  5. Lalu ketuk Mulai Sekarang.
  6. Aktifkan Izinkan tampilan di aplikasi lain.
  7. Buka halaman panjang, lalu tap ikon melayang Mulai warna hijau.
  8. Kalau proses telah selesai, ketuk Simpan.

Penutup

Tangkapan layar atau Screenshot biasanya digunakan untuk mengambil gambar yang terlihat di layar smartphone dengan cara khusus. Dengan begitu kita dapat gunakan untuk mengambil gambar layar atau dokumentasi informasi yang berguna seperti score game, petunjuk, notifikasi, riwayat percakapan, atau hanya iseng membagikan apa yang terlihat di layar ponsel.

Demikianlah cara screenshot Samsung Galaxy M11 tanpa aplikasi yang patut di coba. Semoga tutorial diatas dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *