Cara Screenshot Samsung Galaxy M12 Praktis dan Mudah

  • by
Cara Screenshot Samsung M12

Cara screenshot Samsung Galaxy M12 memang terbilang sangat mudah karena hanya perlu menekan kombinasi tombol saja. Selain fitur bawaan tersebut, bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil tangkapan layar.

Samsung Galaxy M12 merupakan HP baru dengan chipset Exynos 850 yang bisa menjalankan game dengan pengaturan HD. Selain itu, sudah mengemas modul AI emapt kamera dengan sensor terbaru dan mampu melakukan zoom serta mampu untuk merekam video resolusi tinggi.

Sektor layar merupakan salah satu yang di unggulkan oleh Samsung dari seri sebelumnya. Itu karena, ponsel menggunakan resolusi HD+ 720 x 1600 yang mampu menyajikan transisi layar lebih halus dan membuat mata semakin nyaman. Selain itu, density layar pun sudah 270 ppi.

Ponsel yang dirilis pada bulan April 2021 ini telah mengadopsi OS One UI 3.1 berbasis Android 11. Sejumlah fitur baru turut di sematkan oleh Samsung, salah satunya fitur Screenshot atau Tangkapan layar.

Tutorial Cara Screenshot Samsung M12

Saat ini semua kegiatan dari mulai sekolah, pekerjaan maupun lainnya dilakukan lewat smartphone. Untuk itu, penting buat kalian mencari tahu cara screenshot Samsung M12.

Dengan adanya fitur screesnhot memungkinkan mengambil tangkapan layar Hp jadi lebih mudah. Selain itu, kalian bisa mengambil gambar layar dengan gestur, membuat screenshot panjang dan menggunakan tombol fisik.

Menggunakan Kombinasi Tombol

Cara screenshot Samsung yang paling praktis adalah dengan menggunakan kombinasi tombol. Sama seperti merek lainnya, pada HP Samsung bisa juga membuat gambar layar dengan tombol volume serta tombol daya.

Berikut cara screenshot Samsung M21 menggunakan tombol.

  1. Pertama buka halaman yang akan kamu capture.
  2. Kemudian tekan kombinasi tombol Volume Bawah dan Daya berbarengan.
  3. Otomatis layar akan berkedip dan terdengar suara seperti sedang memotret.
  4. Preview hasil screenshot akan terlihat.
  5. Tap tombol Share untuk dibagikan ke teman.

Metode ini sudah biasanya digunakan oleh pengguna Android. Jika ingin menggunakan cara screenshot yang lebih canggih silahkan ikuti langkah selanjutnya.

Shortcut Screenshot

Jika ingin screenshot yang canggih dapat memanfaatkan fitur assistant menu dimana terdapat shortcut screenshot. Tetapi terlebih dahulu kalian perlu mengaktifkan fitur ini di Pengaturan. Berikut panduannya.

  1. Buka Pengaturan Samsung kamu.
  2. Temukan menu Aksesibilitas kemudian pilih Interaksi dan Kecekatan.
  3. Berikutnya tap tombol Menu asisten supaya aktif.
  4. Sekarang tentukan halaman yang akan kamu ss.
  5. Setelah itu, kamu buka Menu Asisten dan pilih shortcut Gambar Layar untuk membuat screenshot.

Selain screenshot, terdapat berbagai shortcut yang lain bahkan bisa kita atur sendiri sesuai dengan keinginan.

Screenshot Panjang

Cara mengambil screenshot panjang tersedia pada smartphone Samsung yang menggunakan sistem operasi One UI versi terbaru. Selain itu, ini hanya bekerja pada halaman yang panjang seperti percakapan di aplikasi WA atau Telegram.

  1. Buka dulu Pengaturan handphone.
  2. Scroll ke bawah kemudian klik Fitur Lanjutan.
  3. Selanjutnya tap Gambar layar.
  4. Aktifkan Bilah alat gambar layar.
  5. Lanjut dengan buka halaman panjang yang akan kamu screenshot.
  6. Buat tangkapan layar dengan tombol, Palm Swipe atau lewat menu asisten.
  7. Setelah itu akan muncul toolbar berisi opsi Screenshot panjang, Edit dan Share.
  8. Klik gambar panah ke bawah untuk mengambil screenshot panjang.
  9. Nantinya cuplikan layar akan otomatis tersimpan di aplikasi Gallery.

Fitur screenshot panjang sangat penting untuk mengambil gambar layar pada halaman yang digulir sehingga tidak perlu repot menggabungkan beberapa gambar sekaligus.

Palm Swipe

Fitur ini cukup memudahkan pengguna karena mampu mempersingkat waktu dalam mengambil tangkapan layar daripada menggunakan tombol. Disini BaruBenar akan memberikan panduan cara mengaktifkan Palm swipe di Samsung M12 bagi kalian yang belum mengetahui caranya.

  1. Buka menu Pengaturan lalu pilih Fitur Lanjutan.
  2. Pilih Gerakan dan Gesture kemudian aktifkan opsi Usapkan telapak tangan untuk mengambil screenshot (Palm Swipe To Capture).
  3. Kemudian sapu layar dari kiri ke kanan atau sebaliknya dengan posisi tangan menghadap ke arah samping.
  4. Hasil screenshot akan muncul, kamu bisa langsung edit dan share.

Berbeda dengan brand lain yang mengandalkan screenshot tiga jari, di Hp Samsung lebih terkenal dengan Palm Swipe atau screenshot menggunakan telapak tangan.

Kesimpulan

Masing-masing cara screenshot memiliki kelebihan tersendiri, semakin banyak metodenya pastinya akan lebih mempermudah bagi pengguna untuk mengambil screenshot secara cepat dan praktis.

Semoga dengan adanya artikel langkah-langkah cara screenshot Samsung Galaxy M12 yang BaruBenar pandu diatas dapat membantu kalian dalam mengambil tangkapan layar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *