Cara Screenshot Samsung M22 : Panjang, Shortcut, Panel Edge

Cara Screenshot Samsung M22

Apabila kalian masih belum tahu cara screenshot Hp Samsung M22, supaya makin pinter, beberapa cara yang BaruBenar.com pandu kalian disini bisa menjadi solusi mudah untuk membuat hasil tangkapan layar dengan cepat.

Samsung mulai gencar menawarkan produk terjangkau dengan spesifikasi yang bisa diandalkan. Salah satu pilihannya adalah Galaxy M22. Pengguna bisa menikmati fitur khas One UI dan performa yang lumayan untuk menunjang penggunaan standar. Perangkat ini juga telah dibekali prosesor Mediatek Helio G80 yang efisien, layar luas 6.4 inci, hingga panel layar Super Amoled.

Meskipun hampir semua orang tahu bahwa ponsel Samsung ini tersemat seabrek fitur keren, tapi hampir tidak ada yang tahu beberapa metode screen capture yang canggih dan mudah. Biasaya hanya tahu menggunakan tombol volume bawah dan power saja.

Karenanya dalam panduan ini, BaruBenar.com akan memperlihatkan kepada semua pengguna lima metode termudah untuk mengambil screenshot di Samsung M22.

Cara Screenshot Biasa Samsung

Sebagai salah satu smartphone Samsung terbaru yang hadir pada tahun 2021, Galaxy M22 sudah menggunakan sistem operasi bernama One UI Core 3.1. OS ini merupakan hasil modifikasi dari Android 11 ini menawarkan beragam fitur untuk kemudahan bagi penggunanya dalam mengambil tangkapan layar.

Secara umum, mengambil screenshot atau tangkapan layar di Hp Samsung hampir sama caranya. Pengguna dapat menggunakan kombinasi tombol untuk menangkap layar. Namun, ada beberapa ponsel dibekali fitur khusus seperti shortcut screenshot dan screenshot panjang.

Bagi yang penasaran mengenai ke 4 cara screenshot di Samsung M22, maka dapat melihat tutorialnya berikut.

Shortcut Screenshot

Perlu kalian ketahui, menu Asisten bukanlah fitur baru. Samsung menghadirkan fitur ini sejak Android marshmallow dan tetap disematkan di setiap perangkat mereka terbaru. Dengan fitur ini, kita bisa mengambil gambar layar melalui shortcut screenshot yang ada di menu asisten.

  1. Pergi ke menu Pengaturan.
  2. Ketuk menu Aksesibilitas.
  3. Ketuk opsi Interaksi dan Kecekatan.
  4. Klik sakelar untuk mengaktifkan fitur Menu Asisten.
  5. Nanti di layar Samsung M22 akan muncul menu transparan berbentuk bola.
  6. Selanjutnya kalian sudah bisa memilih area mana yang akan di foto.
  7. Untuk membuat screenshot, buka menu asisten lalu ketuk shortcut Gambar layar.

Selain shortcut screenshot, disitu juga terdapat pintasan Perekam layar, memperkecil volume suara, menonaktifkan layar dan beberapa tombol seperti Home, Back, dan Menu.

Panel Edge

Salah satu fitur baru yang terdapat di Samsung M22 adalah Panel Edge. Bisa dibilang fitur ini memiliki cara kerja hampir sama dengan menu asisten. Hanya saja memiliki sejumlah pengaturan lebih lengkap.

  1. Buka Pengaturan kemudian pilih Layar.
  2. Scroll ke bawah lalu tap Panel Edge lalu aktifkan fitur tersebut.
  3. Langkah selanjutnya, ketuk Panel kemudian pilih Pilih Cerdas.
  4. Buka area layar yang akan di capture.
  5. Geser sisi kanan layar ke arah tengah lalu ketuk ikon Screenshot atau Ambil Gambar Layar.
  6. Kemudian layar ponsel akan berkedip dan terdengar suara kamera.
  7. Berikutnya tangkapan layar akan langsung tersimpan di Galeri.

Tekan Tombol Bersamaan

Metode yang pertama dengan menggunakan tombol fisik. Cara seperti ini merupakan metode yang paling sering digunakan pengguna Android. Selain praktis, kita tidak perlu lagi melakukan pengaturan tambahan.

Caranya pun sangat mudah, cukup buka area layar ponsel yang ingin kalian screenshot dan selanjutnya, tekan tombol Volume Bawah dan Daya bersamaan. Lalu lepaskan secepat mungkin, jangan sampai tombol di tahan.

Jika berhasil, akan terdengar suara kamera dan layar berkedip. Setelah itu, kalian bisa pilih Share atau Edit gambar screenshot.

Palm Swipe atau Gesture Screenshot

Defaultnya fitur ini telah diaktifkan secara otomatis sehingga hanya perlu mengambil screenshot dengan gesture telapak tangan saja. Ikuti langkah-langkah ini.

  1. Buka menu Pengaturan lalu pilih Fitur Lanjutan.
  2. Pilih Gerakan dan Gesture kemudian aktifkan opsi Usapkan telapak tangan untuk mengambil screenshot (Palm Swipe To Capture).
  3. Selanjutnya tentukan area yang akan di capture.
  4. Lalu sapu layar dengan posisi telapak tangan tegak dan menghadap ke arah samping.
  5. Layar ponsel Samsung Anda akan berkedip.
  6. Selanjutnya dapat melihat hasil gambar screenshot tersebut di aplikasi Galeri.

Cara Screenshot Panjang Samsung M22

Long Screenshot Samsung M22
Bisa dibilang fitur screenshot panjang banyak membantu para pengguna yang ingin mengambil gambar sebuah dokumen atau website dengan halaman panjang. Berikut cara mengambil screenshot panjang pada Hp Samsung M22.

Umumnya, cara ini perlu terlebih dahulu mengaktifkan Bilah alat gambar layar yang ada di menu Pengaturan – Fitur Lanjutan – Gambar layar lalu aktifkan fitur tersebut. Lalu ambil screenshot seperti cara diatas, setelah muncul bilah alat di bagian bawah klik ikon tanda panah ke bawah.

Jika ikon untuk mengambil screenshot panjang tidak muncul, coba gunakan aplikasi pihak ketiga seperti panduan berikut

  1. Install aplikasi LongShot di Play Store.
  2. Buka aplikasi tersebut lalu centang Auto Scroll kemudian klik OKE dan aktifkan LongShot di menu Aksesibilitas.
  3. Sekarang tap gambar kamera biru yang ada di samping Auto Scroll.
  4. Ketika diminta untuk mengizinkan perekaman, pilih Mulai Sekarang.
  5. Setelah itu beri izin tampilan di aplikasi lain.
  6. Buka halaman panjang, lalu tap ikon melayang Mulai warna hijau.
  7. Kalau proses telah selesai, ketuk Simpan.

Selain itu, keempat cara screenshot di atas bisa digunakan untuk beberapa perangkat yang lain, termasuk Samsung M62 maupun Samsung A03s.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *