4 Cara Screenshot Samsung M32 Yang Praktis

  • by

Samsung Galaxy M32 merupakan salah satu ponsel dengan kemampuan kamera yang dapat diandalkan dan untuk mendukung kemampuannya, Samsung juga telah mengembangkan beberapa metode screenshot yang praktis.

Menilik spesifikasi Galaxy M32 sudah bagus dan mantap, sebab smartphone ini sudah dilengkapi dengan dapur pacu yang tangguh dan gahar. Samsung telah menyematkan prosesor Octa-Core dengan seri chipset Mediatek Helio G80.

Samsung juga telah membekalinya beberapa pilihan RAM dari 4GB/6GB/8GB, serta sudah didukung pula dengan pengolah grafis atau GPU bertipe ARM Mali-G52 MC2. Untuk multi tasking yang lancar tanpa lag ponsel ini mampu diandalkan.

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa Samsung M32 memiliki desain bodi yang cukup besar, cukup wajar sih karena smartphone ini telah dibekali dengan layar lebar 6,4 inci. Mungkin bagi sebagian pengguna yang belum familiar hal ini akan cukup merepotkan.

Selain itu Galaxy A32 sudah menggunakan layar dengan teknologi Super AMOLED, refresh rate 90Hz dan kecerahan 800 nits sehingga gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih cerah dan tajam. Samsung juga menyematkan resolusi 1080 x 2400 piksel atau setara FHD +.

Langkah-langkah Screenshot Samsung Galaxy M32

Cara Screenshot Samsung Galaxy M32

Cara Screenshot Samsung Galaxy M32


Screenshot merupakan sebuah cara mudah untuk bisa mengabadikan gambar layar ponsel. Seiring semakin banyaknya pengguna media sosial sehingga fitur screenshot ini paling sering digunakan.

Untuk memanjakan penggunanya, perusahaan Samsung membekali lima pilihan untuk melakukan screenshot. Metode yang lebih sederhana ini, memudahkan pengguna untuk mengambil gambar layar hanya dengan mengusap telapak tangan.

Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur Menu Asisten dan Palm Swipe untuk mengambil screenshot tanpa menekan tombol.

1. Screenshot Lewat Menu Asisten

Fitur screenshot pada Samsung M32 terdapat juga di menu asisten. Untuk memunculkan fitur ini, pastikan menu asisten telah aktif.

  1. Caranya adalah dengan membuka menu Pengaturan.
  2. Kemudian, scroll ke bawah sampai ketemu menu Aksesibilitas dan pilih Interaksi dan Kecekatan.
  3. Tap Menu Asisten lalu aktifkan fitur tersebut.
  4. Nanti pada layar akan terlihat sebuah menu transparan yang berbentuk bola. Kalian dapat menyesuaikan transparansi menu tersebut.
  5. Siapkan area atau halaman yang akan kamu screenshot.
  6. Tap ikon Assistant Menu berikutnya tap pintasan Gambar Layar (Screenshot).

Apabila fitur ini menurut kalian sangat menggangu, silahkan noaktifkan kembali. Jika ingin mengambil screenshot lagi, aktifkan kembali fitur menu asisten ini.

2. Screenshot Dengan Tombol

Cara Screenshot Samsung M32 Menekan Tombol
Jika menemukan konten di Hp yang akan kamu screenshot, kamu dapat menekan dua tombol sekaligus. Berikut cara screenshot menggunakan tombol fisik.

  1. Hidupkan ponsel Samsung M32 kamu.
  2. Selanjutnya, cari area layar yang akan di screenshot.
  3. Tekan tombol fisik Daya dan Volume Bawah secara bersamaan.
  4. Apabila mendengar suara kamera dan layar berkedip, kamu berhasil mengambil screenshot.
  5. Hasil screenshot dapat dilihat lewat aplikasi Galeri atau File Manager.

Selain praktis, kebiasaan mengambil screenshot dengan tombol fisik membuat banyak pengguna masih sering menggunakannya. Namun, BaruBenar sarankan untuk mengurangi penggunaan tombol agar tidak cepat rusak.

3. Screenshot Panjang

Fitur ini biasanya digunakan untuk mengambil tangkapan layar dari halaman yang bisa di gulir seperti halaman blog ini.

Berikut cara screenshot panjang di Hp Samsung M32.

  1. Buka Pengaturan [Settings].
  2. Tap Fitur Lanjutan [Advanced Features].
  3. Tap Gambar Layar [Screenshot].
  4. Lalu aktifkan fitur Bilah alat gambar layar hingga berubah menjadi warna biru.
  5. Kunjungi halaman panjang yang bisa di gulir ke bawah.
  6. Setelah itu, buat ss dengan cara apapun. Bisa dengan menggunakan tombol agar lebih cepat.
  7. Lalu akan muncul bilah alat di bagian bawah layar yang terdapat tools untuk membagikan dan mengedit hasil screenshot.
  8. Ketuk tanda panah ke bawah untuk mengambil screenshot panjang.

Hasil screenshot panjang ini juga akan otomatis ditemukan di galeri. Tangkapan layar yang panjang harus Anda kuasai agar dapat mengambil gambar layar bergulir ataupun halaman obrolan di Whatsapp atau Telegram.

4. Screenshot Dengan Telapak Tangan

Screenshot Dengan Telapak Tangan Samsung A32
Fitur screenshot dengan Swipe layar umumnya ada di handphone terbaru seperti Samsung M32. kamu bisa dengan cepat mengambil gambar layar hanya dengan menyapu layar menggunakan telapak tangan. Silahkan simak caranya.

  1. Pergi ke PengaturanFitur Lanjutan.
  2. Pada menu fitur lanjutan kamu pilih Gerakan dan Gesture.
  3. Selanjutnya geser ke kanan atau tap pada tombol Usapkan telapak tangan untuk mengambil atau Palm Swipe To Capture untuk mulai mengaktifkan.
  4. Lalu usap layar dari sisi kiri layar ke kanan atau sebaliknya untuk mengambil screenshot.
  5. Jika screenshot berhasil diambil, akan terdengar suara shutter seperti saat mengambil foto melalui kamera.

Kalian bisa memeriksa galeri untuk melihat hasil screenshot tersebut. Melalui aplikasi Galeri, memungkinkan juga untuk mengedit gambar tangkapan layar tersebut.

Penutup

Mudahkan caranya mengambil tangkapan gambar layar di Samsung Galaxy M32? Jadi, sekarang tergantung pilihan kamu apakah ingin menggunakan gesture screenshot atau screenshot panjang.

Semoga tutorial ini bisa bermanfaat terutama untuk pengguna Samsung Galaxy M32. Banyak informasi berguna lainnya yang bisa kalian dapatkan seperti cara screenshot Samsung A22.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *