8 Fitur Xiaomi Poco M3 MIUI 12 Yang Harus Pengguna Tahu

MIUI 12 baru Xiaomi mengemas banyak fitur dan penyesuaian tambahan secara komprehensif sehingga memudahkan melakukan berbagai hal dengan cepat dan menggunakan smartphone secara efisien.

Poco M3 sendiri merupakan smartphone Android yang terjual dengan angka yang cukup fantastis. Ponsel besutan Xiaomi ini akan memiliki spesifikasi yang mumpuni dan nyaman digunakan untuk berbagai kebutuhan. Mirip dengan Hp Xiaomi lainnya, Poco M3 juga akan dilengkapi dengan berbagai fitur menarik di dalamnya.

Dengan harga yang relatif murah, smartphone ini terasa lebih istimewa karena memiliki beberapa keunggulan. Layar lebar dengan dimensi 6,53 inci menjadi salah satu nilai plusnya. Belum lagi urusan performa yang terbilang cepat, didukung oleh chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662.

Poco M3 dan Poco M3 Pro 5G adalah salah satu smartphone terbaik tahun ini dan berjalan di Android 11 dengan antarmuka MIUI 12.

Fitur Hp Xiaomi Poco M3

Fitur Xiaomi Poco M3
Bagi pengguna baru Poco M3 yang mungkin belum mengetahui fitur-fitur canggih yang diberikan oleh Xiaomi, maka simak ulasannya berikut ini.

Seperti dilansir DroidSmile.com, ada 8 fitur keren yang harus kamu coba, silahkan pilih salah satu yang paling cocok untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Kunci Aplikasi Dengan Sidik Jari

Salah satu fitur Poco M3 yang dapat sobat coba adalah mengunci aplikasi dengan sidik jari dan mengamankannya saat membuka aplikasi dengan otentikasi sidik jari.

Sebagian besar pengguna Xiaomi sudah memanfaatkan fingerprint untuk membuka kunci ponsel, tetapi masih banyak juga yang belum tahu kalau dapat menggunakannya untuk mengunci aplikasi.

Pengguna dapat mengunci setiap aplikasi untuk meningkatkan keamanan telepon. Jika seseorang mencoba mengakses aplikasi apa pun di smartphone, akan muncul autentikasi sidik jari untuk membuka kunci aplikasi.

Untuk memulainya, terlebih dahulu perlu mengatur fitur fingerprint tersebut baru setelahnya dapat melanjutkan untuk mengunci aplikasi dengan sidik jari.

  • Buka aplikasi Keamanan di Homescreen atau masuk Pengaturan -> Keamanan dan pilih Kunci Aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang ingin dikunci menggunakan fingerprint.
  • Letakkan jari di pemindai untuk mengaktifkannya.

Mode Gelap

Ingin mencoba menggunakan Mode Gelap? Fitur ini nantinya akan mengubah keseluruhan tema dan aplikasi menjadi warna gelap.

Seperti kita kethaui, Poco M3 dibekali layar canggih dan memiliki Mode Gelap yang memungkinkan menghemat masa pakai baterai serta membantu mengurangi ketegangan mata saat menggunakan ponsel di malam hari.

Mode Gelap saat ini banyak digunakan dan beberapa smartphone sudah dibekali dengan mode ini, baik itu yang menggunakan antarmuka khusus atau Android bawaan. Ini adalah salah satu fitur Poco M3 yang cukup berguna.

Untuk mengaktifkan Mode Gelap di Poco M3, ikuti langkah-langkah ini.

  • Buka Pengaturan -> Tampilan -> Mode Gelap
  • Silahkan aktifkan Mode Gelap.
  • Otomatis tampilan akan berubah menjadi gelap.

Screenshot Tiga Jari

Salah satu cara termudah melakukan screenshot layar Poco M3 adalah dengan menggunakan tiga jari. Pengguna hanya perlu mengusap layar dengan tiga jari saja untuk mengambil tangkapan layar!

Fitur ini diaktifkan secara default, namun pengguna dapat menonaktifkan atau mengaktifkannya kembali dari menu pengaturan di ponsel.

  • Buka Pengaturan -> Pengaturan Tambahan -> Pintasan Gerakan -> Ambil tangkapan layar .
  • Lalu aktifkan Geser tiga jari ke bawah.

App Drawer

MIUI 12 pada Poco M3 memungkinkan untuk menyesuaikan antarmuka dengan meletakkan semuanya di App Drawer dan menjaga homescreen tetap bersih. Yang harus lakukan hanyalah menekan tombol dan semuanya akan diatur sendiri.

Sobat yang memiliki kebiasaan menggunakan ponsel dengan App Drawer dapat mengaktifkannya dengan trik sederhana ini. Jika ingin menyimpan Laci Aplikasi di Poco M3, akan melihat semua aplikasi di laci sambil melihat pintasan di layar beranda.

Untuk mengaktifkan Laci Aplikasi di Poco M3, ikuti langkah-langkah ini

  • Buka Pengaturan -> Layar Beranda -> Layar Beranda .
  • Pilih opsi With App drawer dan tekan tombol kembali untuk menyimpan perubahan.

Sekarang kembali ke layar beranda dan akses laci aplikasi dengan menggesek layar ke arah atas.

Tampilkan Kecepatan Internet

Dengan fitur ini pengguna dapat memantau kecepatan internet 4G/5G atau Wi-Fi di status bar jika mengalami gangguan jaringan.

Buat yang ingin mengetahui kecepatan internet aktual saat mengunduh file atau streaming video, Poco M3 dapat menunjukkan kecepatan internet secara real time di bilah status baik itu akses dari Wi-Fi serta Data Seluler.

  • Buka Pengaturan -> Tampilan -> Pusat Kontrol & Naungan Pemberitahuan
  • Nyalakan penggeser Tampilkan Kecepatan Koneksi.

Periksa bilah status dan perhatikan indikator kecepatan secara real time.

Aplikasi Ganda

Fitur aplikasi ganda memungkinkan menjalankan dua aplikasi dengan jenis yang sama secara bersamaan dengan dua akun yang berbeda. Fitur ini membuat tiruan dari aplikasi asli sehingga pengguna dapat menikmati aplikasi yang sama dengan akun lain tanpa menghalangi aplikasi asli, baik itu WhatsApp, Instagram, Facebook, Snapchat, atau aplikasi lainnya.

Misalnya, menjalankan dua akun WhatsApp di Poco M3, yang sobat diperlukan hanyalah mengkloning aplikasi tersebut menggunakan fitur bawaan yang disebut Aplikasi Ganda.

  • Untuk menjalankan aplikasi ganda, buka Pengaturan -> Aplikasi -> Aplikasi ganda dan pilih aplikasi yang ingin kloning.

Mi Control Center

Mi Control Center bisa menjadi salah satu fitur canggih bermanfaat yang bisa sobat coba. Poco M3 memiliki interface yang dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan.

Antarmuka MIUI 12 memiliki banyak penyesuaian dan di antaranya adalah fitur bagus yang dapat kita gunakan untuk mengubah pintasan pada panel notifikasi.

Pusat Kontrol menawarkan akses cepat ke pintasan seperti WiFi, Bluetooth, Perekam Layar, Mode Gelap, dan banyak lagi, dan jika ingin menambahkan pintasan sendiri dari daftar yang tersedia, ikuti caranya disini.

  • Gesek ke bawah dari sisi kiri layar untuk membuka Pusat Kontrol .
  • Tekan Ikon Edit dari atas untuk menambah atau menghapus matikan sesuai kebutuhan.

Dengan cara ini dapat menyesuaikan Pusat Kontrol pada Poco M3.

Persentase Baterai Di Status Bar

Poco M3 menawarkan fitur persentase di sebelah ikon baterai dan ini akan memungkinkan untuk melihat persentase baterai di status bar.

Kita semua tahu bahwa banyak smartphone Android tidak memiliki fitur persentase baterai di bilah notifikasi. Pengguna lebih suka melihat ikon baterai animasi di status bar yang memberi banyak gambaran tentang sisa baterai yang sebenarnya.

Untuk melihat persentase baterai, inilah yang dapat lakukan.

  • Buka Pengaturan -> Pemberitahuan & bilah status dan aktifkan slider Persentase baterai.

Demikianlah beberapa fitur Poco M3 terbaik yang harus sobat ketahui. Semoga informasi kami kali ini bermanfaat buat pengguna MIUI 12. Jangan lupa untuk menyimak informasi menarik lainnya yang bisa sobat ikuti seperti Cara Reset Poco M3 Pro yang mungkin akan berguna nantinya bagi pengguna ponsel Xiaomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *